Bagian 1: Tips Mempersiapkan Diri Saat Melamar Pekerjaan di Dubai

Indonesia Satu Manajemen,
15 Mei 2022 - 22:25

Bekerja di luar negeri membutuhkan persiapan matang. Baik dari segi mental, fisik hingga finansial. Calon tenaga kerja asing harus mempersiapkan dokumen penting dan mengurusnya dengan biaya pribadi. Terlebih, kandidat dapat mencari pekerjaan sendiri atau bisa juga melalui agen.

Persiapan matang juga diperlukan ketika berkeinginan bekerja di Dubai. Calon TKA wajib mempersiapkan segala sesuatunya seperti pada ulasan di bawah ini!

  • Persiapkan personal branding

Anda adalah produk dan resume merupakan iklan. Resume harus menarik, ringkas dan menyoriti kekuatan, keterampilan dan pengalaman. Pastikan persyaratan satu ini menonjol dan mencuri perhatian tim rekruitmen.

Berkas ini juga bisa ditulis oleh agen atau konsultan profesional. Cara lainnya yakni dengan meluangkan waktu untuk menelusuri berbagai situs web yang memberikan kiat cara menulis surat lamaran dan CV yang bagus.

Pada intinya, resume merupakan ringkasan komprehensif tentang siapa. Bila perlu tautkan akun Linkedln, sehingga membantu perekrut mendapatkan informasi lebih lanjut. Kemudian siapkan salinan sertifikat yang dibuktikan dari UEA, surat pengalaman kerja dan dokumen siap kirim lainnya.

  • Mendaftar melalui situs kerja

Mendaftar pekerjaan melalui platform lowongan kerja merupakan ide bagus untuk memulai. Penting mengetahui persyaratan atau lowongan yang dimiliki perusahaan dan memahami jika ada permintaan keahlian khusus. Beberapa situs yang menyediakan informasi terkait loker di Dubai, antara lain Bayt, Linkedln, Internsme, Gulf Salary, Monster Gulf, Naukri Gulf, dan lain sebagainya.

  • Aktif di Linkedln

Linkedln adalah forum yang menarik untuk mencari posisi dan berjejaring dengan para profesional. Buat profil menarik pada platform tersebut, isi sebagian informasi dan melampirkan media atau dokumen terkait. Misalnya dengan menautkan resume atau ringkasan tentang pengalaman serta keahlian.

 

Selain tips di atas, artikel masih berlanjut pada pembahasan berikutnya! 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp